Isnin, 11 Mac 2013

PROPOSAL PEMBANGUNAN


PROPOSAL
 PANITIA PEMBANGUNAN MASJID “AL HUDA “
RW.VII KELURAHAN TEGALAKAMULYAN
KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP


Sekretariat     : Jl Benur  RW. VII Tegalkamulyan Cilacap 5321




PANITIA PEMBANGUNAN MASJID AL HUDA
RW.VII KELURAHAN TEGALAKAMULYAN
KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP
TAHUN 2013






DAFTAR ISI



I.      Lampiran Pengesahan
II.     Kata Pengantar                       
III.    Pendahuluan
IV.    Lampiran    
V.     Bab I .Pendahuluan
VI.   Latar Belakang "Maksud Dan Tujuan Manfaat"
VII.  Bab.II. Progam Pengembangan dan Sarana                              
VIII. Bab.III.Sumber Dana Dan Rencana Anggaran
IX.   Bab.IV. Penutup



II. KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Kami bersyukur kepada Allah SWT . karena atas karunia dan Rahmat-Nya,Panitia Pembangunan Masjid Al Huda RW. VII  Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap.telah dapat membuat dan merencanakan program-program baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk pembangunan Masjid Al Huda , Salah satunya adalah penggalangan  / pencarian dana melalui proposal untuk instansi pemerintah maupun swasta  serta kalangan masyarakat, khususnya umat muslim,  untuk yang berada di Kab. Cilacap .
Saat ini keberadaan Masjid Al Huda sudah kurang layak untuk diperuntukkan sebagai sarana ibadah khususnya sholat berjama’ah karena sudah  mulai rusak dimakan usia bangunan tersebut.

Sebagai solusi  kondisi Masjid tersebut , warga masyarakat  melalui Panitia Pembangunan Masjid Al Huda RW.VII Tegalkamulyan, berusaha dan mengupayakan untuk membangun dan menjadikan Masjid tersebut sebagai ibadah yang layak . nyaman dan memenuhi standar berjama’ah.

Kiranya dengan Proposal ini dapat  mengetuk hati para donator, warga masyarkat baik perorangan maupun perkelompok atau instansi pemerintah maupun swasta untuk memenuhi kebutuhan biaya penyelesaian pembangunan Masjid Al huda tersebut.Sehingga pembangunan Masjid Al huda  akan dapat berjalan dengan baik jika semua unsur pemangku kepentingan terkait dapat memahami secara menyeluruh.  

Cilacap 10 Maret 2013

Panitia Pembangunan Masjid “Al Huda “
RW.VII Tegalkamulya , Kelurahan Tegalkamulyan
Kecamatan Cilacap Selatan.  




III. PENDAHULUAN
BAB.I
PENDAHULUAN

1. Dasar Pemikiran dan Pedoman

Pembangunan manusia seutuhnya adalah pembangunan yang ditinjau dari berbagai aspek, antara lain aspek fisik, mental dan sosial. Pembangunan fisik lebih dekat kaitannya dan sangat mudah diukur dengan melihat kehadiran bentuk fisik dari obyek yang dibangun. Sedangkan pembangunan mental atau rohani lebih sukar diukur secara kasat mata. Namun demikian pembangunan fisik harus selaluseimbang dengan pembangunan mentalnya.Sebagai salahsatu contoh aktifitaspembangunan fisik adalah dengan bermunculannya gedung  gedung  pencakar langit dan kawasan-kawasan industri baru yang kertujuan untuk menfailitasi dan mempercepat laju pertumbuhan yang bersifat fisik.
 khususnya dalam hal perekonomian. Dengan demikian salah satu wujud ungkapan langkah  nyata dalam kegiatan pembangunan mentak spiritual yang sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang bersifat keagamaan  adalah tentunya juga dengan melakukan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana sebagai media untuk mendukung setiap kegiatan keagamaan tersebut.
 Salah satu contoh sarana tersebut adalah dengan adanya rumah ibadah.Membangun rumah ibadah yang sudah dilengkapi dengan prasarana yang sangat memadai merupakan harapan yang tidak mudah diraih namun juga bukan sesuatu hal yang mustahil untuk diwujudkan, apabila adaniat tulus ikhlas ataupun
uluran tangan dari umat yang peduli atas kemajuan agamanya. Sebagai umat islamyang peduli terhadap agamanya tentu kita harus mewujudkan sebuah rumah




ibadah(sebuah masjid) yang memiliki sarana yang memadai untuk kenyamanan beribadah.Ibadah sebagai salah satu menifestasi kita 
sebagai hamba ALLAH SWT untukmemperoleh Ridho-Nya dalam hidup ini. Maka peran dan fungsi masjid disini akan menjadi sangat penting. Tak pelak lagi bagi kaum muslimin yang bertaqwa kepada ALLAH SWT, bahwa membangun dan memakmurkan rumah ALLAH SWT tersebutmenjadi sebuah kewajiban dimanapun umat islam berada. Sebagaimana FirmanALLAH SWT dalam kitab suci AL Qur’an
Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yangberiman kepada Allah dan hari Kemudian,  serta tetap mendirikan shalat,menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orangorang yang diharapkan termasuk golongan 
orang-orang yangmendapat petunjuk.( Q.S. At-Taubah : 18 )
  Dalam sebuah Hadist riwayat Muslim Rasulullah SAW bersabda :
“ Barang siapa membangun masjid karena ALLAH, maka ALLAH akan membangunbaginya sebuah istana di surga”

2.Latar Belakang
      Masjid “Al Huda   merupakan masjid yang di bangun pada tahun 2000 dan diresmikan pada tanggal 10 Juni 2001 oleh Camat Cilacap Selatan ,dan letaknya sangat strategis karena terletak di Jl Benur RW. VII Tegalkamulyan dipinggir jalan. Selain itu,Masjid “ Al –Huda ” sebagai tempat ibadah keagamaan seperti Sholat Jum’at, Sholat Tarawih dan peringatan hari-hari besar keagamaan, jumlah jamaah semakin bertambah dan melimpah sehingga tak dapat tertampung didalam masjid Kondisi atap/langit-langit masjid yang sudah rapuh sehingga dapat membahayakan jama’ah dan menjadikan kurang nyaman dalam menjalankan ibadah didalam masjid. Selama ini rehab/perbaikan masjid, baru sekadar dinding dan lantai saja. Kesiapan Pengurus/Takmir Masjid dan masyarakat Teglkamulyan dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan Masjid Al Huda        Dengan memperhatikan 3 point diatas sudah selayaknya Masjid Al huda dikembangkan/direnovasi agar dapat menampung jama’ah sebagaimana mestinya dan menjadi lebih nyaman.



                     


Maksud  Dan Tujuan
1.   Maksud  :
*      Untuk memberikan kenyamanan sarana beribadah bagi masyarakat Tegalkamulyan.
*      Masjid yang layak memenuhi standar sebagai sarana beribadah khususnya bejama’ah .

*      Untuk mendorong sikap gemar dan cinta berinfaq dan bersodakoh melalui pembangunan masjid.

2. Tujuan :
*      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga RW.VII dan sekitarnya Tegalkamulyan. 
*      Meningkatkan kualitas ibadah kaum Muslim di Warga tegakalkamulyan dan  sekitarnya.
*      Pembinaan kerohanian terhadap masyarakat sbagai hamba Allah yang mencintai dan memakmurkan masjid.


3.   MANFAAT :

*      Sebagai sarana pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keagamaan khususnya untuk mendukung program pemberantasan buta membaca Al-Qur’an.
*  Sebagai tempat menyambung tali silaturrahim dan lebih mempererat ukhuwah islamiyah bagi kaum muslim warga Tegalkamulyan dan sekitarnya.
Sebagai sarana dakwah dalam penegakan amal
VII. BAB.II

PROGAM PENGEMBANGAN SARANA
1.   Target Pencapaian Pembangunan
Untuk pembangunan masjid “Al Huda” ini diharapkan mendapatkan target pencapaian hasil pembangunan sebagai berikut :
1.         Perluasan bangunan fisik Masjid
2.        Fasilitas penunjang seperti : tempat wudhu, perpustakaan dan ruang Takmir Masjid
3.      Target pencapaian yang diharapkan ini tentunya mudah-mudahan merupakan sesuatu yang benar-benar dapat terealisasi, demi kekhusu’an dan kenyamanan dalam beribadah nantinya.

2. Rencana Kegiatan Pembangunan
Agar pembangunan Masjid “Al – Huda ” Warga Tegalkamulyan ini berjalan dengan baik dan skematis, maka disusunlah rencana kegiatan pembangunan masjid tersebut.Berikut tahapan - tahapan umum dari rencana kegiatan pembangunan Masjid “Al Huda” :
1.        Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid
2.      Penyusunan proposal dan surat  surat pendukung rencana kegiatan   pembangunan.
3.            Penyerahan proposal kepada para Donatur
4.        Penggalangan dana pendukung kegiatan pembangunan Masjid
5.        Pembangunan fisik Masjid
6.            Proses instalasi pendukung Masjid (Listrik & Air)
7.        Evaluasi kegiatan pembangunan Masjid




SUSUNAN PANITIA PEMBANGUNAN
MASJID “ AL HUDA “
      Pelindung  / penasehat      
1.  Muspika Cilacap Selatan
2.    Kepala KUA Cilacap Selatan
3.    Lurah Tegalkamulyan
4.    Pengasuh  Masjid Al Huda
       Ketua .                                     
1.     Suwarno
2.   Sutejo
    Sekretaris                  
1.              Sudiarto
2.     Wagiyono
    Bendahara                   
1.    Parsan  

 SiePembangunan        
Ø JarminMuchrodin
Ø  Kasimin
Koordinator Sie Usaha      
1. :Suharno  
    Anggota             :
*   TitoTeguh Wijcaksono
*   Rosilo H.S
*   M.Mabarun
*   Mismanto
*   Jumadi
*   Kasdi
*   Sutarno
*   solihin
*   Muh.Rosidin
*   Surono
*   Margono
*   Ibu Maryanto 
*   KetuaRT sekitar Rw07tegalkamulyan
                                   
VIII. BAB.III

"SUMBER DAN RENCANA ANGGARAN"
Untuk Biaya  Pembangunan Masjid Al HUda bersumber dari donasi / infak / sodakoh/ hibah dari masyarakat muslim dan dari berbagai instansi di kota Cilacap antara lain :1 Umat muslim warga tegalkamulyan 2.Kaum Darmawan / Darmawati,3.Instansi-instansi Pemerintah dan Swasta,4.dan lain-lain.
Untuk Estimasi Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Masjid
“Al Huda “  adalah Sebesar Rp. 287.680.000,sedang Panitia Pembangunan Masjid Al huda mempunyai dana infaq sebesar Rp.30.000.000,-(Tiga puluh juta Rupiah ) Sehingga masih ada kekurangan dana sebesar Rp.257.680.000,-( Dua Ratus Lima Puluh Tujuh  Juta Enam Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah ). Untuk mencukupi kebutuhan Dana pembangunan Masjid Al Huda berikut fasilitas kami mengajak para muslim untuk beramai-ramai menginfaqkan sebagian hartanya untuk menutupi kekurangannya biaya guna penyelesaian pembanguan Masjid Al Huda.
 Untuk para muslim yang ingin berpartisipasi, biasa menghubungi dengan cara contact person sebagai berikuti ini :
Nama : Panitia Pembangunan  Masjid “ AL Huda “
Contact person 
Suwarno            Hp  : 085842661961 
Edy Suwarto      Hp  : 08164286733    
Budi Kurniawan Hp  : 085647916275 
atau bisa langsung transfer ke rek Masjid Al Huda yaitu :
an : Pengurus Masjid Al Huda            
no : 290 141415

  
6.Rencana Anggaran Biaya Pembangunan
Anggaran yang dibutuhkan utk pembangunan Masjid “ Al Huda “ sebagai berikuti ini (Rencana anggaran pembangunan terlampir)
7. Rencana Gambar / Konstruksi
    * Gambar Tampak dari Depan

  * Gambar dari Samping Kanan

* Gambar dari Samping Kiri

* Gambar di Ambil dari Atas



BAB.IV
Penutup
          Tidaklah ALLAH SWT itu tidur dan Maha Mengetahui, tidak ada satu perbuatan kita yang luput dari ALLAH SWT. Sehingga sekecil apapun perbuatan baik dan amal soleh setiap manusia di atas muka bumi ini akan memperoleh ganjaran pahala yang dilipat gandakan oleh ALLAH SWT. Sebagaimana firman-Nya dalam kitab suci Al Qur.an : Perumpaman ( nafkah yang dikeliuarkan oleh orang-orang yang menafkah hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh buitr , pada tiap-tiap butir eratus biji .Allah melipat gandakan (ganjaran ) bagi siapa yang dia kehendaki dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.( Q.S. Al Baqoroh : 261 )
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan,menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung. (Q.S.Ali Imron:104)
Pada bagian penutup ini kami dari panitia pembangunan / renovasi Masjid “ Al Huda
 Warga Tegalkamulyan  Kecamatan Cilacap Sealtan Kabupaten Cilacap mengucapkan syukur kehadirat ALLAH SWT karena telah menggerakkan hati baikkepada panitia maupun kepada para donatur untuk selalu beramal melalui berbagaicara baik dengan harta, jiwa, maupun tenaga. Yang kesemuanya itu tidak lain kita harapkan akan menjadi penolong kita pada hari kebangkitan nanti, di mana mataharihanya berjarak begitu dekat dengan kepala kita, dimana pada hari itu kita tidak lagi mampu bertegur sapa.
Kami panitia menyadari sepenuhnya begitu banyak kekeliruan yang mungkin terjadi dalam kegiatan pembangunan masjid ini. Tanpa hidayah dan Ridho Allah SWT serta tanpa uluran tangan dan jalinan kerjasama dari para donatur tentu rencana pembangunan masijd ini tidak akan terwujud . Untuk itu kami panitia pembangunan masjid Al Huda  mengucapkan banyak terima kasih yang tak berhingga kepada para donator yang telah ikhlas menyisihkan sebagian hartanya di jalan ALLAH untuk membantu rencana pembangunan Masjid ini.
Semoga ALLAH SWT meneguhkan Tauhid dan Aqidah kita, serta  selalu memberikan kemenangan atas para Mujahid . Mujahid yang berjuang di jalan ALLAH SWT baik dengan jiwa, harta maupun tenaganya. AMIN YA ROBBAL ‘ALAMIN.
    Jazakumullah Khoiron Katsiro

12 ulasan:

Otobell berkata...

Mohon maaf, ikut comment mudah2an bermanfaat..
Bila bapak/Ibu Ta'mir Masjid yang membutuhkan Jadwal Sholat Digital/Jam Sholat, Timer Iqomah/Counter Iqomah dan lain-lain bisa order ke kami, produsen Jadwal Sholat Digital di Solo.

Zaky Digital Media
Call/SMS/WA : 0857 246 246 66, PIN BB : 30ed0c47
Kami Produsen, Reseller Welcome..
Atau kunjungi kami di www.timersholat.com

Unknown berkata...

ijin copy untuk pembangunan masjid didaerah kami pracimantoro

Unknown berkata...

Bersama membangun Sarana dan Prasarana Ibadah dan Tarbiyah untuk Sekolah Umum....
InshaAllah... Aamiin

Reggi prasetiya berkata...

IJIN COPY MAS BUAT PEMBANGUNAN MESJID

Unknown berkata...

Ijin copy mas salam dari kaltim

OBAT KUAT SOLO berkata...

Kunjungi balik gan ya. Trmakasih banyak.
PUSAT PEMESANAN KUBAH MASJID SE INDONESIA DAN LUAR NEGERI
Hubungi : Bapak Sutarno
Telp / SMS / WA : 0853 2425 8149 / 0853 2594 3399
BBM : 5D451962
KUBAH TERBAIK
CONTOH KUBAH
KUBAH PANEL
KUBAH MASJID
JUAL KUBAH MASJID DI JAWA BARAT
KUBAH
JUAL KUBAH MASJID
GAMBAR KUBAH MASJID
KUBAH MASJID STAINLESS STEEL
KUBAH ENAMEL
MACAM MACAM BENTUK KUBAH MASJID
DISTRIBUTOR KUBAH MASJID
JUAL KUBAH MASJID DI PAPUA
JUAL KUBAH MASJID WARNA WARNI
JUAL KUBAH MASJID DI KALIMANTAN
JUAL KUBAH MASJID DI JAWA TENGAH
JUAL KUBAH MASJID DI NTB
JUAL KUBAH MASJID DI SUMBAWA
JUAL KUBAH MASJID DI SULAWESI
JUAL KUBAH MASJID DI JAWA TIMUR
JUAL KUBAH MASJID DI AMBON
JUAL KUBAH MASJID DI JAKARTA
JUAL KUBAH MASJID DI LAMPUNG
JUAL KUBAH MASJID DI MEDAN
JUAL KUBAH MASJID DI RIAU
KUBAH MASJID HARGA MURAH DAN AWET
ATAP KUBAH MASJID
PLAFON KUBAH MASJID

SIGIT HENDRA IP berkata...

ijin copy untuk renovasi masjid

Unknown berkata...

ijin copy buat pembangunan masjid

hidayat rustiadi berkata...

ijin copy

siscar berkata...

izin copy dan edit yaa.. buat renov musholla

Unknown berkata...

ijin kopi untuk pembengunan masjid

Wingoke berkata...

ijin copas untuk pembangunan masjid

Catat Ulasan

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan